Selayang pandang Tentang tanaman

Berikut Pandawa Putra Indonesia memperoleh dari seseorang yang menuliskan tentang tanaman.

Tanaman Juga Hidup seperti Kita Kebutuhan akan input produksi yang mencukupi dan beragam akan menentukan kualitas dan kuantitas produk yang di hasilkan. Tanaman umumnya hanya diposisikan sebagai benda biotik yang terus menerus di harapkan untuk menghasilkan produk.
Produk itu dapat bermanfaat bagi mahkluk yang lain bahkan bisa merugikan mahkluk lain. Dalam menghasilkan produk tersebutlah, peran dari input diuji dan berpengaruh. Seperti mahkluk yang bernama manusia, tanaman pun memilik respon yang sama. Input yang diberikan alami dan menyehatkan maka manusia dapat hidup sehat dan kuat, tanaman pun bersikap demikian. Sehingga hasil dari tanaman tersebut juga berefek sama.

Pemberian input yang terbaik dan sehat membuat tanaman dan ekosistem lain juga menjadi seimbang dan berjalan selaras. Prinsip tersebut sering dilupakan dan ditinggalkan oleh petani-petani jaman sekarang. Jarang dari mereka yang menaruh sepenuh hati kepada rekan bahkan saudara bagi mereka yaitu tanaman. Ibarat kalau orang terus diberikan makan yang tidak sehat terus dan disuruh bekerja terus, sudah pasti hasilnya dan efek nya pada orang tersebut akan buruk bahkan mati. Itulah kenapa kita harus memperlakukan tanaman kita selayaknya saudara kita. Hidup selaras berdampingan itu sangatlah indah dan tidak perlu membunuh atau pun menyakiti satu sama lain. salam Agronomist (yu22)

One Comment

  1. agh43 says:

    Salam Pertanian Indonesia..
    Salam Jaya untuk Petani Indonesia…
    Maju terus….

Comments are closed.