Pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan tentang Weed Solut-ion (WS) dan Pest Solut-ion (PS)

Weed Solut-ion (WS)

TApa bahan aktif Weed Solut-ion dan bagaimana cara kerjanya?
J : Bahan aktif WS dalah 2-sodium amine. Cara kerja WS adalah sebagai carrier atau pembawa bahan aktif herbisida sehingga lebih mudah ditransportasikan kedalam jaringan tanaman meskipun dosis racunnya dikurangi. Oleh karena itu, WS dapat dikatakan sebagai penguat, karena dengan pengurangan dosis racunnya saja efektivitasnya sama dengan dengan full dosis racun.

TApakah WS mempunyai fungsi perekat?
J  : Tidak ada

T Jika sudah ditambahkan dengan WS, apakah masih perlu diberi tambahan perekat?
: Apabila diperlukan, misalnya dalam musim penghujan, ataupun di tempat dataran tinggi (basah, gampang berembun) maka penambahan perekat sangat dianjurkan. Dan penambahan tersebut tidak ada masalah dengan WS

TJenis herbisida apa saja yang dapat digunakan dengan WS?
J : Jenis herbisida apapun, baik yang kerjanya luas maupun yang selektif, baik yang bersifat kontak maupun sistemik, herbisida pra tumbuh maupun purna tumbuh.

TApakah WS bisa digunakan tunggal?
J : WS tidak dapat digunakan tunggal untuk mengendalikan gulma, karena WS bersifat sebagai bahan campuran herbisida sehingga tidak berfungsi sebagai racun tanaman

TApakah WS bersifat racun bagi tanaman?
J : Tidak

TApakah WS berbahaya bagi petani dan bagaimana residunya?
J : WS tidak berbahaya bagi petani maupun lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan nilai toksisitas WS lebih dari 15000 ppm/berat badan dan masuk kategori tidak berbahaya. Begitupun dengan residu herbisida, hasil penelitian dengan IPB menunjukkan bahwa WS dapat mengurangi residu herbisida di dalam tanah.

TKenapa WS tidak dijual dengan herbisidanya?
J : WS cocok digunakan dengan semua jenis bahan aktif herbisida. Oleh karena itu, untuk penjualannya saat ini tidak dikhususkan untuk bahan aktif herbisida tertentu saja

TApakah WS dapat digunakan dengan herbisida tanpa mengurangi dosis racunnya?
J : Bisa. Apabila ditemui suatu kasus dimana ditemukan gulma yang sulit dikendalikan dengan herbisida saja dengan full dosis maka penambahan WS dengan herbisida pada dosis tertentu (tanpa pengurangan dosis) dapat dilakukan

T : Apakah WS dapat digunakan untuk meningkatkan pH larutan?
J : Pada dasarnya WS belum ada fungsi sebagai penambah nilai pH. Penambahan WS pada larutan herbisida rata-rata dapat meningkatkan nilai pH sebesar 0.3-0.8

Pest Solut-ion (PS)

T : Mengapa bau PS seperti urine (pipis) sapi?
J : bau PS seperti urine karena didalam PS terdapat ammonia yang juga terdapat dalam urine sapi, ammonia berfungsi untuk membantu pertahanan tanaman melawan serangan hama dan penyakit.

TApakah PS aman untuk petani, terkait dengan baunya yang menyengat?
J : aman, hal ini sudah dibuktikan dengan nilai toksisitas PS lebih dari 15000 ppm, yang berarti produk ini tidak berbahaya bagi petani.

T : Bagaimana cara kerja PS dan bahan aktifnya?
J : bahan aktif PS adalah Quercetin glukosamin. PS bekerja sebagai bahan campuran pestisida, PS mengandung bahan-bahan yang berfungsi sebagai repelant (penolak serangga), pemicu mekanisme pertahanan dalam tanaman supaya tidak mudah terserang hama dan penyakit. Selain itu, kandungan di dalam PS terdapat nutrisi yang menguatkan pertahanan tanaman terhadap serangan hama dan penyakit.

T : Apakah PS dapat digunakan sebagai pestisida sendiri?
J  : tidak, karena produk ini berfungsi sebagai bahan campuran pestisida

T : Apakah PS berfungsi sebagai perekat?
J  : tidak ada perekat dalam kandungan produk ini

T : Apakah PS dapat dicampur dengan perekat atau perata yang lain (adjuvan yang lain)?
J : bisa. selain cocok dengan semua jenis bahan pestisida, PS dapat juga dicampur dengan adjuvan yang lain misalnya perekat. Campuran dengan perekat dapat digunakan apabila kondisi/musim hujan, jika tidak hujan tidak dicampur dengan perekat tidak masalah.

T : Apakah PS dapat dugunakan sebagai bahan campuran pestisida meskipun tidak ada serangan/gejala hama penyakit?
J : Bisa. PS mengandung bahan-bahan yang berfungsi untuk memicu pertahanan tanaman terhadap hama dan penyakit sehingga bisa digunakan dengan insektisida untuk pencegahanan.

T : Jenis pestisida apa saja yang dapat dicampurkan dengan PS?
J : semua jenis bahan aktif pestisida, baik berupa cairan maupun serbuk. Petunjuk penggunaan ketika dicampurkan pestisida berbentuk serbuk maupun cairan sesuai dengan petunjuk penggunaan.

T : Apakah PS dapat dicampur langsung pada tangki dengan pestisida?
J : Bisa, PS dapat langsung dicampur dengan pestisida (racun) dan digunakan untuk besoknya. Tidak ada masalah, mungkin sebelum aplikasi bisa diaduk kembali supaya campuran lebih merata (kasus untuk beberapa fungisida berbentuk serbuk apabila didiamkan semalam biasanya akan mengendap dibawah tangki).

T : Aplikasi PS bisa untuk tanaman apa saja?
J  : Pada dasarnya PS dapat diaplikasikan untuk semua jenis tanaman, namun saat ini aplikasinya banyak digunakan untuk tanaman sayuran, pangan, hortikultura.

: Bagaimana jika PS digunakan dalam dosis berlebihan, apakah dapat merusak tanaman?
J   : Pada dasarnya PS berfungsi sebagai bahan campuran pestisida. PS dapat digunakan untuk mengurangi dosis racun, namun apabila petani tidak mengurangi dosis racun dan ditambahkan dengan PS, tidak ada masalah karena PS tidak merusak tanaman. Namun, sebaiknya dosis racun yang digunakan tidak melebihi dosis anjuran.

T : Kenapa PS tidak dijual paket dengan pestisida/racunnya?
: PS merupakan bahan campuran pestisida yang kompatibel dengan semua jenis bahan aktif pestisida baik pestisida untuk sasaran luas maupun yang sasaran tertentu saja. Oleh karena itu, dalam penjualannya tidak (saat ini) tidak dijual sepaket dengan racun tertentu saja.

Advertisements

13 thoughts on “FAQ

  1. di daerah saya tinggal sekitar 60% penduduknya adalah petani.baik itu petani sawit,pinang,kelapa serta petani buah musiman seperti semangka.
    dewasa ini petani di lingkungan sekitar saya sudah mulai merambah pada pertanian cabe.
    saya juga pendatang baru di dunia pertanian dan berniat mengembangkan dunia saya yangbaru ini.
    mohon pencerahan serta konsultasinya mengenai produk di PANDAWA PUTRA INDONESIA.
    saya di sumatera tepatnya dijambi.
    saya menilik usaha pertanian ini karna saya berada dilingkungan tani serta prospek kedepan yg mudah2an berkah. amiin.
    mudah2an ada jodohnya menjadi distributor produk anda,yg pastinya setelah saya praktekan dulu pada kebun pribadi saya.. hehe
    salam sukses
    phone: 081367423345
    BBM: 7FAB3116
    TRIMS

  2. Salam kenal. Saya dari Berastagi Sumut,
    Langsung saja ya pak, saya tertarik dengan info aplikasi biorganik cocopeat, bagaimana caranya saya mendapatkannya dan berapa harganya?
    Tolong dibantu informasinya ya pak.
    Saya mau aplikasikan untuk menanam cabe.
    Terima kasih untuk kerjasamanya.
    Salam.
    Tlp. 085264002490 /
    bb. : 528AABD9

  3. Salam Sejahtera dan Sukses Selalu…

    Saya sangat setuju sekali dgn prinsip anda…bahwa selama ini nasib petani kita terabaikan…padahal berjasa besar untuk Negara Indonesia tercinta ini…
    Kebetulan sekali kami bergelut di bidang perkebunan/pertanian yang setiap saat berhubungan dengan Petani.
    Kami mau tanya…dimana bisa diperoleh Produk dari anda..? Sekaligus ingin jadi Agen produk anda, dan kami akan mengadakan Trial di daerah kami. ( domisili kami di Nusa Tenggara Barat / Cakranegara , Mataram ) , lokasi kerja di Lombok Timur dan Lombok Tengah )

  4. saya sangat berminat sekali menjadi agen pemasaran obat herbisidanya mas apa lagi ini produk citarasa putra indonesia saya sanggat bangga mas … saya minta untuk menjadi agen di wilayah riau mas … klo boleh sya minta pket produk dan ongkos kirimnya msa … kirm via sms
    0853 7452 2909
    pin bb :741a6d74
    email: dianrsdn@gmail.com

  5. Assalamualaikum

    Dh, saya dari daerah sumatera utara berminat untuk mencoba dan menjadi agen produk dari Bapak. Apakah ada peluang tsb?

    Terima kasih,

    Jimmi Suyanto
    HP : 0811614051
    BB : 25A39D1A

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.